PRAKTIKUM BK KARIR


KIAT-KIAT MEMBUAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Untuk memenuhi kebutuhan manusia baik secara material maupun immaterial, manusia perlu untuk beraktivitas, misalnya bekerja. Dengan bekerja sesuai dengan potensi dan minat yang dimiliki, manusia dapat mencapai kepuasan lahir dan batin. Dewasa ini lapangan pekerjaan sangatlah bermacam-macam dan setiap bidang pekerjaan memerlukan keahlian atau keterampilan tertentu. Tidak sedikit orang yang gagal memasuki bidang pekerjaan tertentu karena beberapa hal yang tidak terpikirkan dan bahkan karena kurangnya potensi berupa kecakapan maupun cara untukdapat memasukinya.

Dewasa ini, perubahan dunia berjalan dengan cepatnya. Tentu peserta didik juga akan mengikuti perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Perubahan yang cepat adalah pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga hal ini akan mempengaruhi gaya hidup, pola perilaku dan pola hubungan antar individu (Suyanto;2007). Seiring dengan perubahan yang ada dalam hal informasi, maka dalam pembuatan surat lamaran pekerjaanpun dapat melewati dunia nyata dan dunia maya atau yang biasa dikenal dengan internet.

Pada makalah ini akan dipaparkan beberapa kiat dalam membuat surat lamaran pekerjaan baik dengan tertulis langsung maupun dengan menggunakan internet. Tentu saja kiat-kiat ini bertujuan agar pelamar pekerjaan dapat memasuki lapangan kerja sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya.

A. Tips Menulis Surat Lamaran
Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran. Karena itu penting sekali bagi calon tenaga kerja untuk menuliskan surat lamaran yang baik. Berbagai tips di bawah akan membantu dalam proses melamar pekerjaan.

1. Kesan Individual
Jika berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan sudah menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran. Selain itu perlu juga dibuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang. Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika Anda tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara. Perlu diingat: Di Internet dan di MS Word tersedia banyak template atau contoh surat lamaran akan lebih baik jika tidak mengkopinya saja. Tetapi perlu diubah sesuai dengan keinginan dan tujuan kita masing-masing.

2. Singkat dan Padat
Lebih baik surat lamaran kerja yang kita buat tidak bertele-tele. Tuliskan surat dengan singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah untuk dipahami. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca dengan menggunakan kata-kata yang sulit untuk dimengerti .

Perlu untuk diingat untuk menulis surat lamaran tidak lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif. Maka dari itu surat lamaran pekerjaan hendaknya tidak melebihi satu halaman.

3. Rapi dan Bersih
Sedapat-dapatnya gunakan program komputer untuk menuliskan surat lamaran. Dengan begitu Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca. Perlu untuk diingat, hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran agar surat lamaran yang dibuat tetap terjaga kerapiannya dan juga kebersihannya.

4. Isi
Dalam surat lamaran, ada beberapa hal yang perlu dituliskan. Pembukaan, Sebutkan dimana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja.Contohnya, bisa disebutkan bahwa lowongan kerja diketahui dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman. Pekerjaan sekarang, Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan saat ini. Selain itu juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". Yang perlu diperhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang dilamar adalah di bidang marketing research, mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.

Dalam hal pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, perlu dituliskan secara singkat pendidikan tertinggi. Jika pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya menuliskannya di surat lamaran. Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa pelamar mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya jika dinyatakan kapan saat terbaik bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker. Perlu untuk diingat, Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
(Job career Vacancy opportunity ; www.google.com).

B. Menulis Surat Lamaran Lewat Email
Makin banyak perusahaan yang memperbolehkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya. Bagi calon karyawan, ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika Anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah Anda dapat mengkopi email lamaran Anda sebelumnya dan menyesuaikannya.

1. Judul Email
Judul email haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email lamaran pekerjaan. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, dapat ditulis sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".

Sebagai catatan, baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta dituliskan kode tertentu di judul atau subject email Anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

2. Tempat Surat Lamaran Ditulis
Sering kali pelamar kerja bingung apakah perlu menuliskannya di badan email atau di file tersendiri. Menurut salah seorang yang bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, pelamar dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) di badan email. Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran yang dikirim dengan baik.

3. Penulisan Resume
Lebih baik jika tidak menuliskan resume di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda. Sehingga email lamaran pekerjaan tidak bercampur dengan file lain yang sifatnya lampiran. Hal ini untuk menjaga kerapian dan ketertataan email lamaran pekerjaan yang dikirimkan.

4. Word, PDF, atau Text
Biasanya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file yang bisa Anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan untuk dikirimkan file berformat pdf. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume lamaran dalam file MS Word (.doc). File text (ekstension .txt) lebih baik tidak digunakan karena pada saat dikirim dengan email, file tersebut terkadang muncul di badan email. Ini terutama jika Anda menggunakan email gratis di Web, seperti Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.

5. Ukuran Email
Usahakan ukuran email tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach. Karena itu periksa besar file yang dilampirkan. Jika diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang terlalu besar. Perkecil ukuranya dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor. Sehingga akan mengurangi ukuran file yang akan dikirimkan.

6. Email Signature
Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Signature ini bisa diprogram sendiri, atau bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran. Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini secara otomatis pada semua email yang dikirim. Sedangkan Gmail tidak.

7. Test Kirim
Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran, lengkap dengan attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang dituju. Kirim ke alamat email lain yang dimiliki oleh calon pelamar. Jika hanya mempunyai satu alamat email, bisa dibuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.

Sering kali format email yang dikirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Misalnya untuk pengiriman dari Yahoomail ke Gmail, format spasinya akan berubah dari 1,5 menjadi 2 spasi. Namun tidak demikian jika dikirim dari Gmail ke Yahoomail. Maka hal ini perlu untuk dipelajari.
(Job career Vacancy opportunity ; www.google.com)


Sumber :
www.google.com/tips melamar pekerjaan/Job career Vacancy opportunity/2007.
Suyanto.2007. Tantangan Profesional Guru di Era Global. Pidato Dies Natalis ke-43 Universitas Negeri
Yogyakarta 21 Mei 2007.

0 Response to "PRAKTIKUM BK KARIR"

Posting Komentar